Bisik Tetangga
Untuk masuk ke forum, silahkan Login atau mendaftar (Share Your Knowledge)


Tempat Asyik Nongkrong Sekaligus Menambah Ilmu Pengetahuan
 
IndeksFAQPencarianPendaftaranLogin
Kami mohon partisipasinya dalam pengembangan forum. Klik Disini


Pasang Iklanmu disini gratis (selama masa promosi)
ads ads ads ads

Share | 
 

 Sedikit tentang DI Box

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
avatar
harry170891
Administrator

Jumlah posting : 212
Reputasi : 11
Join date : 04.12.10
Age : 25
Lokasi : Bandung, Indonesia

PostSubyek: Sedikit tentang DI Box   Sun Oct 02, 2011 8:25 am

[You must be registered and logged in to see this image.]

Fungsi Di Box adalah, untuk mengubah sinyal Unbalance menjadi balance. Agar sinyal dapat dikirim melalu kabel yang bemeter- meter panjangnya tanpa mengurangi kualitas sinyal secara signifikan. Oleh karena itu, peran Di Box untuk pertunjukan live sangat dibutuhkan, karena untuk kabel yang digunakan dari panggung ke mixer depan/FOH lumayan panjang, sekitar 50 meter kurang lebih. Umumnya DI Box digunakan untuk instrument seperti gitar, bass, keyboard, synthesizer dsb.

Kemudian bagaimana dengan rekaman, apakah peran DI Box dibutuhkan? Jawabannya tergantung apa yang digantung, hmmm.. maksud saya tergantung pada kabel yang digunakan. Kalau panjang kabel hanya berkisar 3 - 5 meter rasanya masih belum membutuhkan DI Box, atau untuk fungsi lainnya, DI Box dapat digunakan untuk mengubah colokan model jack ukuran ΒΌ menjadi colokan xlr.

[You must be registered and logged in to see this image.]

Biasanya DI Box yang sering saya jumpai adalah model GI1000 keluaran behringer. Saya memfavoritkan DI Box ini karena rental tempat saya bekerja menggunakan merk tsb atau Red Box keluaran Hugghes & Kettner.

Pada GI1000 terdapat fitur "Virtual 4x12 Cabinet Emulation" yang mengubah sinyal spekear menjadi sinyal line yang balance, maksudnya mixer FOH seolah membaca sinyal tersebut sama seperti dari microphone yang ditodong ke speaker kabinet. Ada beberapa cara pemasangan DI Box yang dapat digunakan. Misalnya, kita ingin mengambil karakter effect dan head amp. secara bersamaan, dengan kata lain tidak menggunakan mic todong. Maka untuk urutannya adalah gitar --> effect --> input head --> input DI. sedangkan parallel outnya lgs masuk ke kabinet amp tsb.

Sedangkan untuk penggunaan mic todong, yang mana si gitaris ingin mengambil ketakter head dan effect secara terpisah. Maka urutanya adalah gitar --> effect --> input DI Box. Parallel outnya masuk ke input head amp. Sedangkan untuk rekaman jika anda ingin mengambil clean yang benar2 orisinil dari pick up gitar anda dan suara dari effect secara terpisah sehingga tidak membutuh dua kali take maka urutannya adalah gitar --> input DI Box. sedangkan parallel out --> effect --> input head amp. + microphone yang ditodongkan ke kabinet / DI Box tambahan, sehingga anda menggunakan dua channel terpisah untuk take gitar anda, aman dan simple bukan??,..

Jadiii,... dari beberapa cara pemasangan DI Box diatas dapat kita simpulkan bahwa pemasangan DI Box pada sistem amplifikasi gitar itu semua tergantung pada kebutuhan si gitaris itu sendiri, mana yang lebih baik untuk si gitaris tersebut dan untuk para penikmat musik ditanah air,..

Quote :

Fitur Behringer GI1000

Internal baterainya otomatis mati ketika di Phantom

Dapat menerima outputs ampli hingga 3000 watt

Switch ground liftnya dapat mengurangi noise, ground noise, dsb

2 switch pad

tahan banting gann,..

_________________
[You must be registered and logged in to see this image.]

mau tanda pengenal postinganmu seperti ini? Klik Disini!
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.bisiktetangga.co.cc/
 

Sedikit tentang DI Box

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Bisik Tetangga :: Entertainment :: Music Area-