Bisik Tetangga
Untuk masuk ke forum, silahkan Login atau mendaftar (Share Your Knowledge)


Tempat Asyik Nongkrong Sekaligus Menambah Ilmu Pengetahuan
 
IndeksFAQPencarianPendaftaranLogin
Kami mohon partisipasinya dalam pengembangan forum. Klik Disini


Pasang Iklanmu disini gratis (selama masa promosi)
ads ads ads ads

Share | 
 

 Arti dan Cara Hipnosis Bekerja!

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
avatar
harry170891
Administrator

Jumlah posting : 212
Reputasi : 11
Join date : 04.12.10
Age : 25
Lokasi : Bandung, Indonesia

PostSubyek: Arti dan Cara Hipnosis Bekerja!   Sat Sep 24, 2011 10:04 am

Hipnosis, hipnotis, dan hipnotisme ? Hmm banyak org yang bertanya ini, sebenarnya sederhana...namun, ternyata pertanyaan itu masih mendapatkan jawaban yg berbeda2 dari para hipnotisme di indonesia

Sebagian praktisi menggangap "hipnosis" dan "hipnotis" berkesesuaian sama-sama di terjemahkan dari kosakata bahasa inggris "hipnosis". Namun, sebagian menolak penggunaan kata "hipnotis" di jadikan padanan kata dari "hipnosis". Pendapat ini menganggap kosakata "hipnotis" tersebut di adaptasi dari bahasa inggris "hypnotist" yang berarti pelaku kegiatan hipnosis. Hal ini sama dengan penerjemahan kata "hypnotherapist" menjadi "hipnoterapis".

Kalau kita liat saat ini kata "hipnotis" lebih cenderung "negatif" dan "menyeramkan" karena minimnya pemahaman tentang proses hipnosis...karena sebenarnya kaya "hipnosis" adalah "keadaan seperti tidur karena sugesti, yang pada taraf permulaan orang itu berada di bawah pengaruh orang yang memberikan sugestinya. Tetapi pada taraf berikutnya akan menjadi tidak sadar sama sekali .

Dan sebenarnya kondisi hipnosis bukannya membuat kita "tidak sadar sama sekali" karena kondisi hipnosis hanyalah berpindah keaktifan kesadarannya, dari pikiran sadar ke pikiran bawah sadar yang kita sebut "subconscious mind"

Sedikit penjelasan dari ane biar kita semua memahami praktik hipnosis

1. Apa yang di maksud dengan hipnosis ?

Hipnosis dapat kita artikan sebagai sebuah kondisi Relaks, Fokus, Dan konsentrasi. Sebenarnya agak sulit saya mendepinisikan, Tapi belakangan hipnosis di asumsikan sebagai sebuah kondisi mirip tidur/keadaan saat pikiran kita berada dalam "bawah sadar" ( bukan kaga sadar yah karena gila klo itu )

Tpi kenyataannya memang ada kondisi khusus saat otak manusia dapat dgn mudah menerima saran/masukan ( yg saya sebut sugesti ). Dan ketika seseorang berada dalam kondisi hipnosis atau trans ( trance ) muncullah pikiran yang "tidak biasa".

Saat berada dalam hipnosis, mungkin kita hanya merasakan sebuah kondisi relaksasi biasa Namun,sebenarnya, ketika di hipnosis, ada perubahan aktivitas dalam otak seseorang. Kondisi ini hampir sama seperti menjelang tidur. Yaitu ada pergeseran kondisi dari kondisi alpha ke delta.
Dan kondisi aplha adalah kondisi yang menyenangkan seperti melamun, dan pemikiran kita terbuka sehingga mudah melakukan visualisasi dan memiliki indrawi yg luar biasa dan efeknya akan kita rasakan pada saat terbangun.

2. Apakah hipnosis sama halnya dengan tidur

Sebenarnya TIDAK,meskipun serupa. Saat tidur,kita tidak sadar akan keadaan sekeliling kita ( kecuali di guyur polda gara2 ke pergok ngelonin wp ), sementara dalam keadaan hipnosis, subjek sangat sadar akan keberadaan dirinya dan tahu apa yang terjadi di sekitarnya. Karena kita hanya berpindah kesadaran, dari pikiran sadar ke pikiran bawah sadar.

3. Apakah hipnosis berbahaya

Hipnosis adalah merupakan kondisi pikiran alamiah, yg tanpa kita sadari. Kita pun sering mengalaminya sehari tanpa kita sadari. Misalkan sedang menonton film ( bukan bokep yah soalnya tuh terbawa ampe ke kenyataan ), mengendarai mobil, mendengarkan musik kesayangan, Anda seakan masuk ke dalam lagu dan terbawa suasana.

Perbedaannya adalah dalam sesi hipnosis anda di pandu oleh hipnosis/hipnoterapis yg di sebut pengamat, dan pengamat tugasnya hanya memandu anda, semua tetap di tangan anda,seorang pengamat akan mengamati perkembangan anda dan memandu anda merasa nyaman.

4. Dapatkah hipnosis membuat seseorang menceritakan rahasianya ?

Jawabannya adalah hipnosis sama sekali tidak dapat membuat anda menceritakan sebuah rahasia jika anda TIDAK ingin seseorang mengetahuinya. Anda selalu mempunyai pilihan, dan pikiran Anda tidak pernah berhenti berfungsi dalam membuat keputusan.

5. Dapatkah hipnosis membuat seseorang melakukan sesuatu yg bertentangan dgn keinginannya ?

Sebenarnya TIDAK, kalian mungkin melihat seorang ahli hipnosis panggung ( stage hypnotist ) seakan2 bisa memaksa seseorang melakukan hal yg aneh pada saat berada di bawah tingkat kesadarannya. Namun semua itu bisa terjadi apabila mereka mempunyai keinginan untuk menjadi bahan perhatian orang lain. Karena sebenarnya ahli hipnosis apabila mencari subjek kita mencari peserta yg benar2 rela ( dengan melakukan test sugesti ),,karena jika semua mau di paksa melakukan hal yg mereka Tidak ingin lakukan mungkin hipnosis sekarang kaga ada yg kerja karena cukup memaksa orang kita jadikan subjek buat merampok,dan hipnosis tinggal meminta hasil rampokan itu kan...

6. Bagaimana jika seseorang tidak bisa bangun dari keadaan hipnosis ?

Itu TIDAK pernah terjadi karena secara sederhana hal tersebut memang tidak bisa terjadi sebagai contoh "jika anda mendengarkan kaset/CD rekaman hipnosis dan tiba2 listrik padam", sesungguhnya anda akan tertidur secara otomatis dan akan bangun secara alami ( kek otong klo pagi nyari signal ) pada saat pikiran bawah sadar anda mengetahui bahwa tidak ada suara yg menuntun anda dan membawa anda sampai tingkat kesadaran normal ( Beta level )

7. Apakah seseorang akan kehilangan ingatan pada saat hipnosis berlangsung ?

Kadang2 biasanya hal itu terjadi karena ahli hipnosis memberikan sugesti agar orang tersebut melupakan hal yg terjadi karena hal itu di lakukan untuk membawa anda jauh lebih dalam ke kondisi focus

8. Apakah setiap orang bisa kita hipnosis ?

IYA. Semua orang memiliki kemampuan untuk di hipnosis ( hypnotizability ). Kalian bisa memperoleh kemampuan ini dengan serangkaian latihan ( hypnosis training ). Anda dapat melatih tubuh anda dan pikiran Anda untuk dapat memasuki kondisi ( trance ) dan ini bisa Anda lakukan TANPA BANTUAN ORANG LAIN ( self hypnosis ). Karena kebanyakan kita kaga sadar aja bahwa sesungguhnya kita telah di hipnosis. Bahkan walaupun kita ia telah terhipnosis kadang2 efeknya tidak ia rasakan,tetapi hasilnya bisa di rasakan oleh subjek tersebut.

Terakhir penjelasan ane.

Apakah hipnosis itu Magis ? Jika kalian berpikir jawabannya IYA, Anda salah. Kita semua bisa melakukannya asal. Kita mau memperlajarinya..karena hipnosis adalah sebuah fenomena rasional dan alamiah. Dan sering kita jumpai sehari2.

Dan kondisi hipnosis adalah kondisi/keadaan saat manusia cenderung lebih "sugestif" dan semakin seseorang masuk dalam "kondisi hipnosis" maka tingkat sugestivitasnya juga semakin baik,yang artinya pancaindranya jauh lebih aktif daripada biasanya


Sedikit pembelajaran yg saya bagi sama kalian.

Pertama hipnosis itu ada beberapa tahapan yaitu

1. Pre induction

Ini merupakan suatu proses persiapan karena semua hipnosis berawal dari pre induction terlebih dahulu misalkan : percakapan ringan dengan subjek di mana kita saling mengenal sehingga tercipta kedekatan "secara mental"

Apakah hipnosis bisa di lakukan dgn menyentuh pundak/hanya menatap mata.
Semua akan terjadi apabila di awali "pre induction" artinya harus ada teknik2 khusus. Contoh : Maaf, pukul berapa Ya ? Jika subjek menjawab dgn antusias berarti telah tercipta kedekatan mental dengan subjek sudah terjalin. Ingat pre induction paling awal

Tetapi biasanya saya melakukannya dengan "test sugestivitas" tes ini sih standar yah yg di lakukan setiap penghipnosis kepada orang yg "belum pernah" merasakan direct hypnosis atau hipnosis langsung

Cara test sugestivitas

Contoh : Bayangkan anda berada di dalam sebuah lift dan rasakan semakin lama lift semakin menuju ke lantai dasar. ( Tapi kata2 ini tidak jadi masalah apabila subjek sudah sering menggunakan lift ) kalau subjek belum pernah wah bisa2 kaga ngerti subjeknya akhir2nya kaga nyambung.

Contoh 2 : ini contoh yg sering di pakai deddy C

"Wahai kedua belah tangan, aku minta engkau untuk kaku seperti Baja, Rasakan, Imajinasikan, Bayangkan ke2 belah Tangan anda benar2, Seperti Baja, dan sekarang katakan dalam hati Tangan kaku, tangan kaku, tangan kaku."

( Ingat contoh itu kita berikan untuk subjek yg ingin kita hipnosis agar mengetahui seberapa jauh daya tangkap subjek kita )

Dan untuk pengembaliannya

" Dalam hitungan ketiga, kedua belah tangan anda akan Normal kembali seperti semula....satu....dua...tiga...ya..tangan anda kembali normal seperti semula"

2. Induction

Induksi adalah mengajak subjek ke dalam kondisi hipnosis.

Contoh :
"Sekarang, saya akan memandu anda untuk melakukan relaksasi...ambil posisi paling nyaman bagi anda sekarang...bagus...seperti itu...dan tutup mata anda...tarik napas dalam2...dan embuskan perlahan2...berkatalah pada diri anda sendiri : 'aku semakin relaks'..dan rasakan bahwa diri anda menjadi relaks dan semakin nyaman..sekarang pusatkan perhatian pada bagian atas kepala anda..rasakan sensasi relaks yang ada di sana..dan perintahkan kulit kepala anda menjadi relaks lagi...anda dapat melakukannya dengan tersenyum dalam hati...dan anda rasakan mulai mengantuk...Itu bagus, Nikmati saja perasaan itu...

Kini, bawa rasa relaks tersebut menyebar ke bawah hingga menuju seluruh kepala anda...Bagus sekali.
Rasakan otot2 di wajah anda menjadi relaks dan lebih nyaman lagi... Rasakan kelopak mata anda menjadi sangat malas untuk di gerakkan dan itu membuat anda jauh lebih nyaman...

Sebarkan lagi sensasi rasa relaks dan nyaman tersebut ke bagian leher,dada, dan perut anda... Rasakan sensasi tersebut perlahan2 membuat leher,dada,dan perut anda semakin relaks, dan lebih nyaman....bagus...seperti itu...sebarkan pula sensasi tersebut ke punggung andan...sehingga kini punggung anda merasakan jauh lebih relaks dan lebih nyaman....

Kini sebarkan sensasi tersebut ke kedua lengan anda....dan rasakan lengan anda menjadi lebih relaks...dan lebih nyaman...anda merasakan kenyamanan yang luar biasa ini hingga ke2 lengan anda menjadi semakin malas di gerakkan... Bagus sekali

Sebarkan lagi rasa relaks ke ke2 kaki anda, mulai pinggul ke paha,lutut, dan telapak kaki .... Rasakan rasa relaks tersebut membuat anda jauh lebih nyaman lagi... Lebih relaks... Lebih nyaman .... Membuat ke2 kaki anda menjadi sangat malas di gerakkan.... Bagus seperti itu

Kini, seluruh tubuh anda telah menjadi sangat relaks.... Sangat nyaman... Seluruh badan anda menjadi sedemikian malasnya untuk di gerakkan dan anda menjadi sangat mengantuk...sangat dalam... Rasakan terus... Anda kini mengantuk lagi... Lebih dalam... Dan tetap dengarkan suara saya."

3. Deepening

Deepening merupakan suatu teknik yg bertujuan membuat subjek memasuki kondisi hipnosis yg lebih dalam dgn memberikan sentuhan imajinasi misalkan di taman bunga ( asal jgn tempat yg dimana subjek takuti )

Contoh :
"Kini, gunakan imajinasi anda untuk membayangkan diri anda berada di tempat yang paling anda sukai... Rasakan diri anda benar2 berada di sana... Saya akan menghitung mundur mulai 5 ke 1,dan pada hitungan ke 1 anda benar2 merasakan berada di tempat tersebut... Dalam kondisi yang semakin relaks dan semakin dalam

Lima... Rasakan anda berada di suatu tempat yang anda senangi tersebut... Dengarkan suara2 yg mungkin timbul... Dan suara tersebut membawa anda dalam kondisi yang sangat nyaman dan dalam... Rasakan pula sensasi kenyamanan yang ada pada tempat tersebut... Mungkin udara sekitar...atau hal lain.. Yang membawa anda dalam kondisi semakin nyaman dan dalam...

Empat... Rasakan dan semakin nikmatilah sensasi nyaman tersebut... Anda dapat mulai berbaring di situ... Berbaring dengan semakin nyaman dan tenang... Dan semakin dalam...

Tiga... Tidurlah dengan semakin dalam dan nyaman di tempat itu... Sambil tetap mendengarkan suara saya.... Tidur semakin dalam...

Dua... Lebih dalam lagi... Lebih nyaman lagi... Karena tempat tersebut benar2 anda sukai... Dan anda merasa jauh lebih relaks dari sekarang... Lebih nyaman... Dan lebih dalam...

Satu... Kini, anda jauh lebih dalam lagi... Sangat nyaman..."

4. Depth level test
Untuk memastikan kedalaman hasil kegiatan deepening

Contoh :

"Kini, saya ingin bertanya kepada anda yang dapat anda jawab dengen menggerakan jari telunjuk kanan jika jawaban "ya" atau telunjuk kiri jika jawaban "tidak"

Apakah saat ini anda benar2 dapat merasakan di tempat yang anda senangi tersebut ?

5. Suggesti

Ini adalah langkah kita memberikan sugesti/ perintah dalam tahap ini lah yg menjadi tujuan kegiatan hipnosis di lakukan.

A. Gunakan kata2 positif.
Hindari penggunaan kata2 "TIDAK","Jangan", dan sebagainya,

B. Berikan pengulangan seperlunya saja.

C. Gunakan kalimat yg menunjukan waktu sekarang dan hindari kalimat "akan".

D. Tambahkan sentuhan emosional dan imajinasi.

E. Bentuk kalimat sugesti secara progresif ( bertahap-jika di perlukan )

D. Berikan kalimat bernuansa pribadi sehingga pikiran bawah sadar subjek dapat menerima sugesti itu seutuhnya

F. Gunakan kata2 yg sesuai pemahaman subjek
_____________________________________
6. Termination

Merupakan tahap pengakhiran untuk mengembalikan subjek ke keadaan semula dan sadar.

Contoh ;

Baiklah... Sekarang ini, silahkan anda menyimak hitungan saya dalam hati, mulai dari 1 sampai 5. Pada hitungan ke5 nanti, anda akan kembali dalam keadaan normal dan lebih segar dari pada sebelumnya...

1....Rasakan kesadaran normal anda perlahan2 mulai timbul.... 2... Silahkan mulai menggerakkan jari2 tangan atau kaki anda...3.... Rasakan bahwa semakin hitungan saya berjalan, anda semakin merasa segar.... 4.... Mulai buka mata anda perlahan2... Dan 5.... Kembalilah dalam kesadaran semula dengan lebih segar dan kondisi tubuh yg sehat....

_____________________________________

7. Post hypnotic

Karena setelah termination, kondisi subjek pada umumnya masih memiliki tingkat sugestivitas yang cukup tinggi dan subjek masih belum benar2 normal.

8. Normal
Perlahan2 setelah meminum air putih subjek akan normal kembali seperti semula....
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.bisiktetangga.co.cc/
 

Arti dan Cara Hipnosis Bekerja!

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Bisik Tetangga :: Kesehatan :: Tips Kesehatan-