Bisik Tetangga
Untuk masuk ke forum, silahkan Login atau mendaftar (Share Your Knowledge)


Tempat Asyik Nongkrong Sekaligus Menambah Ilmu Pengetahuan
 
IndeksFAQPencarianPendaftaranLogin
Kami mohon partisipasinya dalam pengembangan forum. Klik Disini


Pasang Iklanmu disini gratis (selama masa promosi)
ads ads ads ads

Share | 
 

 Mengenal warna yu!

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
avatar
suzzi3
Wakil Administrator

Jumlah posting : 6
Reputasi : 8
Join date : 06.11.11
Age : 26
Lokasi : Bandung

PostSubyek: Mengenal warna yu!   Sun Nov 06, 2011 3:13 pm

Spoiler:
 
Spoiler:
 
Spoiler:
 
Spoiler:
 
Spoiler:
 

Warna:
 

_________________

Bisik Tetangga is The Best! Be With Us
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
avatar
suzzi3
Wakil Administrator

Jumlah posting : 6
Reputasi : 8
Join date : 06.11.11
Age : 26
Lokasi : Bandung

PostSubyek: Re: Mengenal warna yu!   Sun Nov 06, 2011 3:15 pm

RGB ( Red, Green and Blue)



Warna RGB adalah model warna additive yang bertujuan sebagai penginderaan dan presentasi gambar dalam tampilan visual pada peralatan elektronik seperti komputer, televisi dan fotografi. Warna RGB difungsikan untuk tampilan di monitor komputer karena warna latar belakang komputer adalah hitam. Jadi, R = Red (merah) G= Green (hijau) dan B = Blue (biru) sebagai warna dasar difungsikan untuk berbagi intensitas cahaya untuk mencerahkan warna latar belakang yang gelap (hitam).
untuk menghasilkan warna putih harus mencampurkan semua warna 100%, dan warna hitam didapat dengan mencampur semua warna 0%. Karena sifatnya tersebut, Ilustrasi gampangnya ya kalo pengen warna putih (terang) hidupin semua lampu, kalo warna hitam (gelap) matikan semua lampu.
dalam dunia disain seorang desainer bisa mengubah warna ke dalam kode-kode angka sehingga warna tersebut akan tampil universal.
Dasar warna ini menjadi standar pasti dalam konteks profesional, seorang desainer tidak bisa mengatakan sebuah warna berdasar pertimbangan subektif,

Contoh : biru muda menurut orang awam adalah birunya langit di siang yang cerah, hal ini bisa jadi berbeda bagi orang lain dengan pertimbangan yang lain pula.

Untuk menyamakan persepsi dalam definisi warna, perlu adanya standar internasional dalam konteks kerja profesional. Dengan standar RGB, seorang desainer dapat mengatakan warna dengan komposisi angka yang jelas, warna biru memiliki komposisi perpaduan antara unsur Red,Green, Blue dengan derajat angka untuk R : 115 – G : 221 – B : 240.

Secara sederhana, RGB itu adalah mode pencampuran warna. DENGAN MENGGUNAKAN Red-Green-Blue yang merupakan 3 warna utama yang digunakan untuk membuat warna-warna turunan dari ketiga kombinasinya.

CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, Black)
CMYK merupakan kebalikan dari RGB, disebut warna subtractive Yang artinya kalo pengen warna putih, pencampuran warnanya 0% sebaliknya kalo pengen warna hitam ya pencampuran warnanya 100%. warna CMYK digunakan pada barang-barang cetak misal printer, mesin ofset dsb.
Seperti halnya RGB, CMYK menggunakan standardisasi warna dalam koordinat. Rangenya antara 0 - 100 sehingga kehadiran unsur K sangat menentukan. Berapapun koordinat CMY-nya, selama K-nya 100 maka warna tersebut akan jadi warna hitam.

CMYK merupakan standar warna berbasis pigment-based, menyesuaikan diri dengan standar industri printing. Sampai saat ini dunia cetak-mencetak memakai 4 warna dasar dalam membuat warna apapun.

APLIKASI

Sebagai perbandingan biasanya Penggunaan perangkat lunak pengolah gambar ditujukan untuk dua kepentigan utama, untuk tampilan web dan kepentingan cetak . Keduanya saling bertolak belakang, untuk cetak, ukuran besar dan kualitas terbaik adalah yang paling dominan. Sementara, hal paling utama dalam membuat grafis untuk web adalah menciptakan file sekecil mungkin.

Web gambar cukup membutuhkan gambar RGB dengan resolusi 72 dpi, sedangkan untuk kebutuhan cetak memakai tipe (CMYK) dengan resolusi 300 dpi.

KEKELIRUAN
Sering kali beberapa karya desain yang akan naik cetak masih dalam format RGB, dan ketika dikonversi menjadi CMYK, warna biasanya akan berubah menjadi lebih redup dan tidak secerah warna yang tampil pada model RGB. Solusi dari masalah ini adalah, desainer harus memastikan dulu desainnya tampil dengan warna yang diinginkan dalam format warna CMYK, karena yang akan keluar dari mesin cetak adalah warna dengan model CMYK. oleh karena itu jangan lupa mengganti format file yang kita akan gunakan untuk proses mencetak dari RGB menjadi CMYK.

Berikut beberapa cara konversi model warna dari RGB ke CMYK di beberapa software desain grafis :

Adobe Photoshop
Pada menu bar pilih: Image > Mode > CMYK

Adobe Illustrator
Pada menu bar pilih: File > Document color mode > CMYK color

CorelDRAW
Pilih masing-masing objek yang akan dikonversi. Pilih Fill tool dan klik Fill Color Dialog. Pastikan model warna adalah CMYK. Untuk setiap objek dengan garis/outline : Pilih Outline tool dan klik Outline Color Dialog. Pastikan model warna adalah CMYK.

Microsoft Publisher 2003-2007
Pilih Tools > Commercial Printing Tools > Color Printing, pilih Process Colors (CMYK)

Adobe Indesign
Pilih Window > Swatches dan Window > Color. klik ganda color di Swatches dan ganti color mode ke CMYK dan color type ke Process.

(INFO DARI BERBAGAI MACAN SUMBER.)



_________________

Bisik Tetangga is The Best! Be With Us
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
 

Mengenal warna yu!

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Bisik Tetangga :: Hobi :: Design & Grafis-